Sangkuriang dan Vici Masih Belum Beruntung di KRI-KRCI 2010

ITB tidak hanya diwakili oleh ASA pada KRI-KRCI 2010. Selain ASA, ikut serta pula tim Vici di KRI dan Sangkuriang di KRCI battle. Namun sayangnya kedua tim ini belum dinaungi keberuntungan untuk memenangi lomba. KRI dijuarai oleh tim Mio-rEi (Politeknik Elektronika Surabaya) sedangkan KRCI battle dijuarai oleh AbEnQ2_pNb (Politeknik Bengkalis).

KRI sendiri adalah pertandingan satu lawan satu antara kedua tim yang mengirimkan empat buah robot. Pertandingan dilakukan dengan menyusun balok-balok untuk membentuk sebuah struktur candi/piramida dengan waktu yang dibatasi. Ada tiga buah blok piramida dan tiap blok memiliki peraturan tertentu dalam penyusunannya. Blok pertama, Khufuu merupakan piramida tiga tingkat dan disusun menggunakan sebuah robot manual yang dikendalikan sebuah controller. Blok kedua, Khafraa juga merupakan piramida tiga tingkat namun disusun melalui kerja sama dua buah robot otomatis yang telah diprogram namun bukan merupakan robot cerdas. Sedangkan blok terakhir, Mankaura merupakan piramida satu tingkat yang disusun oleh sebuah robot otomatis. Penilaian dilakukan melalui seberapa banyak balok tersusun dan bonus top golden block. Keseluruhan lomba diawali dari babak penyisihan grup dan dilanjutkan dengan sistem gugur yang dimulai dari babak perdelapan final.

Vici yang pada babak penyisihan menempati juara harapan KRI regional II beranggotakan beberapa mahasiswa teknik mesin dan teknik elektro diantaranya Hamdi EL06 dan Reza EL06. Pada babak penyisihan grup, Vici tergabung bersama tim F4KuBo (ITS) dan Nyusun_3P (Polman Timah Bangka Belitung). Kedua tim ini merupakan tim unggulan dan sangat kuat. F4KuBo sendiri berhasil menjadi juara kedua pada KRI, di final dikalahkan PENS yang meraih skor sempurna 120. Pada pertandingan pertama Vici sebenarnya Vici bermain imbang dengan Nyusun_3P dengan skor 9-9. Namun Vici dinyatakan kalah karena tertinggal dalam segi waktu penyusunan. Sedangkan pada pertandingan melawan F4KuBo dari ITS yang merupakan tim unggulan Vici dikalahkan dengan cukup telak, yaitu dengan skor 3-50.

Tim lain yang mewakili ITB di KRCI adalah tim Sangkuriang yang beranggotakan Aria EL06, Azhari EL07, Taufik Khuswendi EL07, dan Wahid MS07. Sangkuriang mengikuti KRCI kategori battle divisi beroda. Battle KRCI ini sendiri merupakan pertandingan robot dua lawan dua dengan target memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke wadah target. Pertandingan dilakukan di sebuah labirin dan bola yang tersedia ada dua jenis yaitu bola tenis (poin 10) dan bola pingpong (poin 1). Robot salah satu tim boleh menghalangi robot tim lain memasukkan bola. Jadi, pertandingan ini bukan hanya mengadu teknis robot, tetapi juga adu taktik kedua tim.

Di babak penyisihan regional Sangkuriang lolos ke putaran final sebagai juara ketiga di bawah tim dari Unikom dan IT Telkom. Pada babak penyisihan grup, Sangkuriang ditempatkan bersama tim Geri (UGM) dan Bujang Miak (Polman Bandung). Pada pertandingan pertama, Sangkuriang berhasil mengalahkan Geri dengan skor 10-0. Pada pertandingan kedua, Sangkuriang bermain imbang 0-0 dengan Bujang Miak namun dinyatakan menang karena lebih banyak membawa bola. Di perdelapan final, Sangkuriang berhadapan dengan H110 (IT Telkom) yang di babak penyisihan regional menjadi juara 2. Sangkuriang berhasil menang 4-0 dan melaju ke babak berikutnya. Sayang sekali, di babak perempat final Sangkuriang dihentikan langkahnya oleh L-F17 (PENS) yang akhirnya menjadi runner-up.

Meskipun masih gagal, tidak ada kekecewaan berlebih dari para peserta. Memang para anggota tim sempat sedikit kecewa, namun tidak membuat mereka terpuruk dan menyurutkan semangat mereka untuk berprestasi lebih baik lagi, mungkin dengan mengikuti kejuaraan ini lagi di tahun depan. Seperti yang orang-orang bijak selalu katakan, kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda dan pengalaman merupakan guru yang paling baik, benar bukan? Tetap semangat kawan-kawan! Tetap harumkan nama ITB dan HME dengan prestasi kalian.

OK CHAMP!!!

Laporan langsung ini didukung oleh

Departemen Pelatihan dan Lomba Keelektroan – BIDANG PENGEMBANGAN KEPROFESIAN HME ITB

Departemen Apresiasi Anggota – BIDANG INTERNAL HME ITB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s